![]() |
Ilustrasi Via www.mallaza.com |
Target nyata berdirinya bisnis adalah memperoleh keuntungan dengan
menguasai pasar lewat konsumen yang membeli produk – produk terbaik yang dibuat
perusahaan. Namun tidak sedikit yang mengalami kesulitan dalam penjualan karna
cara marketing yang kurang optimal. akhirnya target pun tidak terpenuhi lalu
bisnis pun merugi. Untuk mengatasi hal ini diperlukan strategi marketing, media, dan tools yang tepat untuk mengoptimalkan pemasaran
dan memaksimalkan jumlah penjualan produk atau jasa. Untuk tahapan proses
pengoptimalan marketing agar bisa menyedot pelanggan secara maksimal maka perlu
memperhatikan beberapa hal berikut.
1. Kenali Dasar
Strategi Bisnis
Ada dua jenis dasar strategi bisnis yang diketahui oleh para pengusaha,
yaitu B2C “Bussines to Customer” dan
B2B “Bussines to Bussiness”. B2C “Bussines to Customer” adalah bisnis
yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen
perorangan atau grup secara langsung. Sederhananya bisnis yang dilakukan
berhubungan langsung dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya, Sedangkan
B2B “Bussines to Bussiness” adalah
transaksi yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan terjadi antara
entitas bisnis satu ke bisnis lainnya, B2B merupakan penjualan produk atau jasa
yang diberikan oleh bisnis tersebut dan diperuntukkan untuk bisnis lain, bukan
kepada customer. Contoh sederhana dari penerapan B2C dan B2B antara lain ketika
pengusaha sembako menjual barang kepada konsumen perorangan, itu berarti
bisnisnya adalah B2C alias Business to
customer. Akan tetapi jika menjual sembakonya dalam jumlah besar kepada
bisnis lain, hal itu berarti B2B. Pengetahuan tentang B2C dan B2B sangatlah
penting diketahui karena lewat ini kita bisa mengetahui segmen customer, strategi marketing, modal,
sampai bagaimana rencana bisnis kedepannya. Ada hal yang mesti diperhatikan
dari target marketing B2B dan B2C ini. Secara umum target marketing B2B adalah
pelayanan, kulitas produk dan kepercayaan, B2B cendrung lebih detail. Maksudnya
perusahaan sebagai calon pembeli pasti ingin mengetahui volume pembelian, apa produk dan brand yang ada, track record bisnis,
hingga testimoni pembeli lain.
Sedangkan B2C cendrung pada kepuasaan pelanggan terhadap produk serta harga
yang bersaing.
2. Analisis dan
Pengukuran
Dalam
penyusunan strategi bisnis, pengusaha harus mempertimbangkan banyak hal antara
lain analisis pemasaran, profile konsumen, tujuan yang telah ditetapkan, analisa
kompetitor hingga sampai kepengembangan kampanye.
3. Perhatikan
Konten Marketing
Konten
marketing adalah salah satu hal yang tidak boleh lolos dari perhatian karena perlu
diketahui bahwa content marketing bisa menjadi daya tarik bagi calon customer
yang akan membantu Anda menemukan berbagai informasi penting seperti hasil
riset, prospek yang menggiurkan, mengendalikan inbound traffic dan lain-lain. Banyak
cara untuk membuat sebuah konten marketing yang menarik mulai dari teknik
tulisan, verbal hingga visual yang tujuan utamanya adalah menarik perhatian
atau mengundang respon dari calon customer. Sebetulnya banyak aplikasi yang
bisa dimanfaatkan untuk meracik konten – konten ini seperti Adobe Photoshop, Ilustrator, atau CorelDraw,
lazimnya aplikasi – aplikasi ini masuk pada jenis desain Grafis. Namun bisa
dimanfaatkan untuk mengembangan konten - konten yang berhubungan dengan dunia
marketing.
4. Traffic
Generation
Traffic Generation disini bisa diartikan bagaimana cara sebuah bisnis
mempromosikan produknya. Medianya pun bisa menggunakan Koran, Majalah atau
Browsur namun hal itu saja sangatlah tidak cukup karna teknologi sudah
berkembang sangat pesat. Sekarang aktifitas orang-orang dilakukan secara mobile, mulai dari belanja sampai ke
membaca berita. Pengusaha harus menggunakan media digital internet sebagai media
mempromosikan bisnisnya mengingat banyak kelebihan yang didapat dari media
internet ini antara lain jaringan yang lebih luas dan bisa lebih massif dalam mempromosikan produknya. Berdasarkan
data yang dilansir oleh Internet World Stats
jumlah pengguna internet pada bulan maret 2017 mencapai 7,519,028,970 dengan
jumlah pengguna terbesar diasia. ini merupakan potensi yang besar. Jika data pengguna internet atau sosial media bisa
diolah dan dianalisis dengan baik maka startegi marketing pun bisa berhasil dan
konsumen pun bisa bertambah lewat media – media ini. Ada beberapa media diinternet
yang bisa dipergunakan untuk kepentingan marketing produk atau layanan bisnis
milik perusahaan, antara lain.
- Website Perusahaan
- Google Adwords
- Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Pinters, Linkid, Line, atau Sosial dan Group Internet Lain)
- Membangun Link, Feedback, backlink
- dll
Sedangkan
Untuk mengoptimalkan proses marketing melalui media – media tersebut bisa
menggunakan teknik SEO “Search Engine
Optimizer” dan SEM “Search Engine
Marketing” sedangkan tool yang
digunakan untuk mendukung teknik SEO
dan SEM berupa Essential
Digital Marketing Tool, didalamnya tersedia beberapa aplikasi berbasis web
yang bisa dipergunakan untuk kepentingan analisis ranking sebuah wesite, keyword,
link, dan iklan bisnis yang sudah
dibuat guna mendongkrak bisnis perusahaan.
5.
Lead
Generation
Dalam
lead generation ini, marketer biasanya akan fokus untuk menemukan dan
mempelajari bagaimana mereka bisa membangun hubungan yang berkelanjutan dengan
konsumen mereka. Salah satu caranya adalah peningkatan pelayanan komunikasi, dukungan
teknis dan pembagian informasi yang dibutuhkan konsumen yang didasari hasil
analisis konsumen yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.
6.
Lead
Management
Dari
hasil analisis konsumen juga bisa tercipta sebuah Lead management, yaitu proses tracking
dan pengelolaan konsumen yang prospektif. Lead
management menjadi program yang cukup berguna terutama dalam membantu
bisnis untuk berkembang.
Secara
garis besar manifestasi kesuksesan bisnis adalah kepercayaan pelanggan. Tidak perlu
takut rugi atau bangkrut. Selama produk yang dibuat sudah berkualitas, harga
yang bersaing, dukungan teknis layanan yang lengkap, komunikasi, juga upaya
marketing yang tepat dan maksimal pastilah para customer akan menghargai dan
loyal pada bisnis dan layanan yang telah dibuat berapa pun harganya.
Demikian Tips Bisnis dengan Optimalisasi Marketing yang sudah dibuat semoga bisa menjadi
bahan referensi yang baik dan bermanfaat untuk semua terutama yang sedang atau
baru berkecimpung didunia bisnis saat ini.
Referensi artikel :
Internet
World Stats
PenulisID