google-site-verification=Vvbx4y1tnvoPwD5qptvoSIefF59IjMIN21NWtwd2ufM Tips Bisnis dengan Optimalisasi Marketing - Panji Design
News Update
Loading...

Selasa, 30 Mei 2017

Tips Bisnis dengan Optimalisasi Marketing


Ilustrasi Via www.mallaza.com


Target nyata berdirinya bisnis adalah memperoleh keuntungan dengan menguasai pasar lewat konsumen yang membeli produk – produk terbaik yang dibuat perusahaan. Namun tidak sedikit yang mengalami kesulitan dalam penjualan karna cara marketing yang kurang optimal.  akhirnya target pun tidak terpenuhi lalu bisnis pun merugi. Untuk mengatasi hal ini diperlukan strategi marketing, media, dan tools yang tepat untuk mengoptimalkan pemasaran dan memaksimalkan jumlah penjualan produk atau jasa. Untuk tahapan proses pengoptimalan  marketing agar bisa menyedot pelanggan secara maksimal maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Kenali Dasar Strategi Bisnis
Ada dua jenis dasar strategi bisnis yang diketahui oleh para pengusaha, yaitu B2C “Bussines to Customer” dan B2B “Bussines to Bussiness”. B2C “Bussines to Customer” adalah bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung. Sederhananya bisnis yang dilakukan berhubungan langsung dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya, Sedangkan B2B “Bussines to Bussiness” adalah transaksi yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan terjadi antara entitas bisnis satu ke bisnis lainnya, B2B merupakan penjualan produk atau jasa yang diberikan oleh bisnis tersebut dan diperuntukkan untuk bisnis lain, bukan kepada customer. Contoh sederhana dari penerapan B2C dan B2B antara lain ketika pengusaha sembako menjual barang kepada konsumen perorangan, itu berarti bisnisnya adalah B2C alias Business to customer. Akan tetapi jika menjual sembakonya dalam jumlah besar kepada bisnis lain, hal itu berarti B2B. Pengetahuan tentang B2C dan B2B sangatlah penting diketahui karena lewat ini kita bisa mengetahui segmen customer, strategi marketing, modal, sampai bagaimana rencana bisnis kedepannya. Ada hal yang mesti diperhatikan dari target marketing B2B dan B2C ini. Secara umum target marketing B2B adalah pelayanan, kulitas produk dan kepercayaan, B2B cendrung lebih detail. Maksudnya perusahaan sebagai calon pembeli pasti ingin mengetahui volume pembelian, apa produk dan brand yang ada, track record bisnis, hingga testimoni pembeli lain. Sedangkan B2C cendrung pada kepuasaan pelanggan terhadap produk serta harga yang bersaing.

2. Analisis dan Pengukuran
Dalam penyusunan strategi bisnis, pengusaha harus mempertimbangkan banyak hal antara lain analisis pemasaran, profile konsumen, tujuan yang telah ditetapkan, analisa kompetitor hingga sampai kepengembangan kampanye.

3. Perhatikan Konten Marketing
Konten marketing adalah salah satu hal yang tidak boleh lolos dari perhatian karena perlu diketahui bahwa content marketing bisa menjadi daya tarik bagi calon customer yang akan membantu Anda menemukan berbagai informasi penting seperti hasil riset, prospek yang menggiurkan, mengendalikan inbound traffic dan lain-lain. Banyak cara untuk membuat sebuah konten marketing yang menarik mulai dari teknik tulisan, verbal hingga visual yang tujuan utamanya adalah menarik perhatian atau mengundang respon dari calon customer. Sebetulnya banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk meracik konten – konten ini seperti Adobe Photoshop, Ilustrator, atau CorelDraw, lazimnya aplikasi – aplikasi ini masuk pada jenis desain Grafis. Namun bisa dimanfaatkan untuk mengembangan konten - konten yang berhubungan dengan dunia marketing.

4. Traffic Generation
Traffic Generation disini bisa diartikan bagaimana cara sebuah bisnis mempromosikan produknya. Medianya pun bisa menggunakan Koran, Majalah atau Browsur namun hal itu saja sangatlah tidak cukup karna teknologi sudah berkembang sangat pesat. Sekarang aktifitas orang-orang dilakukan secara mobile, mulai dari belanja sampai ke membaca berita. Pengusaha harus menggunakan media digital internet sebagai media mempromosikan bisnisnya mengingat banyak kelebihan yang didapat dari media internet ini antara lain jaringan yang lebih luas dan bisa lebih massif dalam mempromosikan produknya. Berdasarkan data yang dilansir oleh Internet World Stats jumlah pengguna internet pada bulan maret 2017 mencapai 7,519,028,970 dengan jumlah pengguna terbesar diasia. ini merupakan potensi yang besar. Jika data pengguna internet atau sosial media bisa diolah dan dianalisis dengan baik maka startegi marketing pun bisa berhasil dan konsumen pun bisa bertambah lewat media – media ini. Ada beberapa media diinternet yang bisa dipergunakan untuk kepentingan marketing produk atau layanan bisnis milik perusahaan, antara lain.

  • Website Perusahaan
  • Google Adwords
  • Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Pinters, Linkid, Line, atau Sosial dan Group Internet Lain)
  •  Membangun Link, Feedback, backlink
  •  dll

Sedangkan Untuk mengoptimalkan proses marketing melalui media – media tersebut bisa menggunakan teknik SEO “Search Engine Optimizer” dan SEM “Search Engine Marketing” sedangkan tool yang digunakan untuk mendukung teknik SEO dan SEM berupa  Essential Digital Marketing Tool, didalamnya tersedia beberapa aplikasi berbasis web yang bisa dipergunakan untuk kepentingan analisis ranking sebuah wesite, keyword, link, dan iklan bisnis yang sudah dibuat guna mendongkrak bisnis perusahaan.

5.      Lead Generation
Dalam lead generation ini, marketer biasanya akan fokus untuk menemukan dan mempelajari bagaimana mereka bisa membangun hubungan yang berkelanjutan dengan konsumen mereka. Salah satu caranya adalah peningkatan pelayanan komunikasi, dukungan teknis dan pembagian informasi yang dibutuhkan konsumen yang didasari hasil analisis konsumen yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

6.      Lead Management
Dari hasil analisis konsumen juga bisa tercipta sebuah Lead management, yaitu  proses tracking dan pengelolaan konsumen yang prospektif. Lead management menjadi program yang cukup berguna terutama dalam membantu bisnis untuk berkembang.

Secara garis besar manifestasi kesuksesan bisnis adalah kepercayaan pelanggan. Tidak perlu takut rugi atau bangkrut. Selama produk yang dibuat sudah berkualitas, harga yang bersaing, dukungan teknis layanan yang lengkap, komunikasi, juga upaya marketing yang tepat dan maksimal pastilah para customer akan menghargai dan loyal pada bisnis dan layanan yang telah dibuat berapa pun harganya.

Demikian Tips Bisnis dengan Optimalisasi Marketing yang sudah dibuat semoga bisa menjadi bahan referensi yang baik dan bermanfaat untuk semua terutama yang sedang atau baru berkecimpung didunia bisnis saat ini.

Referensi artikel :
Internet World Stats
PenulisID

Share with your friends

Give us your opinion

Silahkan berkomentar dengan sopan dan berkaitan dengan isi artikel. No Sara, Pornografi dan Vulgar. Klik Tombol ☝☝☝ Untuk Komentar dengan Disqus dan Facebook.

Notification
Panjiasmara.id melayani jasa design web, design logo, design post instagram dan marketing produk.
Done